31 Dec 2016 | BATIK
Shibori: Teknik

Teknik Shibori telah digunakan oleh penduduk Jepang sejak 4000 tahun lalu. Shibori memiliki cara pengaplikasian yang unik, dan bisa disepuhkan ke pakaian, wallpaper, sarung bantal, sprei, dan banyak lagi. Shibori pun menjadi dekat dengan Jepang, seperti batik dengan Indonesia. Maka, tidak heran banyak yang menyebut Shibori sebagai batik Jepang, walau tekniknya tidak sama persis. 

Jika batik banyak mengandalkan teknik melukis pada kain dengan metode tertentu, Shibori lebih dikenal dengan cara memberikan pola warna dengan cara yang tradisional. Shibori melibatkan teknik meilipat, memelintir, menekuk, atau bahkan mengikat. Dengan cara ini, ketika kain dicelupkan warnanya, maka akan menghasilkan karya yang indah. Lewat Shibori, kombinasi pola yang tercetak tidak terbatas. 

NurZahra mencoba memperkaya karyanya dengan juga mengaplikaskan teknik Shibori. Pencelupan warna yang diberi pola berteknik Shibori bisa membuat karya lebih menawan. Semakin rumit polanya, maka akan semakin indah terlihat. Maka, seperti juga menjadi ciri khas NurZahra, Shibori bisa menambah nilai atas pakaian. Proses Shibori, seperti juga batik indigo, tentu tidak mudah diaplikasikan. Butuh banyak trial and error, dan  juga pengetahuan yang memadai untuk menghasilkan karya yang berkualitas tinggi.

Dengan Shibori, tentu menjadikan NurZahra sebagai brand yang memiliki khazanah luas. Shibori pun juga tetap relevan untuk berbagai style, dan juga tentunya untuk batik dan hijab. Dengan pakaian yang tetap layak untuk berbagai kesempatan, kain Shibori bisa memberikan aksen kuat dan tetap tampil menawan. 


More Stories
03 May 2017 - SHARE
26 Jan 2017 - TUTORIAL
Cek tips dari NurZahra untuk memilih toko hijab yang aman serta baik untuk berbelanja di sana. see more

NurZahra's Boutique